Kista | Gejala dan Cara Pencegahannya


Apakah Penyakit kista itu? Bagaimana gejalanya? Bagaimana cara pencegahannya? dan bagaimana cara mengobati kista?


Kista Secara Umum


Dari wikipedia.org kista adalah tumor jinak yang sangat sering ditemui pada wanita. Bentuknya kistik dan bisa juga berbentuk anggur, isinya cairan yang kental. Selain itu, kista juga bisa berisi udara, nanah, atau bahan lainnya.

Pada dasarnya kista adalah tumor jinak yang terbungkus selaput jaringan. Kumpulan sel-sel tumor tersebut terpisah dari jaringan yang ada di sekitarnya dan tidak akan menyebar ke bagian tubuh lain seperti tumor ganas. Karena hal ini, tumor jinak cendrung lebih mudah untuk diangkat melalui operasi dan tidak akan membahayakan penderitanya.

Berdasarkan tingkat keganasan, kista terbagi 2
  • Kista Non-neoplastik
    Kista jenis ini bersifat jinak dan biasanya akan mengecil sendiri setelah 2 sampai 3 bulan.
  • Kista Neoplastik
    Kista jenis ini kebanyakan harus pengobatannya harus dilakukan dengan melakukan operasi, tergantung dari ukuran dan sifatnya.
Kista selain terdapat pada ovarium juga bisa tumbuh di vagina dan pada daerah vulva (bagian luar kelamin wanita). 


Kista Ovarium


Kista ovarium adalah tumor jinak berupa kantong abnormal berisi cairan atau setengah cairyang tumbuh dalam indung telur (ovarium).

Ovarium berfungsi untuk menghasilkan sel telur setiap bulannya. Ovarium terletak diantara pelvis. Pada masing-masing ovarium ukuran sebesar kacang almond, dan terletak pada kedua sisi rahim. Fungsi lain dari ovarium adalah mengatur siklus menstruasi, kehamilan dan hormon kewanitaan.

kista ovarium

Gejala Penyakit Kista


Biasanya para wanita tidak akan menyadari kalau dirinya menderita penyakit kista, dan nanti baru akan terasa kalau sudah mbesar dan bisa diraba dari luar. Seandainya ada gejala dari penyakit ini, biasanya penderita merasakan sakit pada saat menggerakan perutnya. Rasa sakit ini disebabkan oleh karena kista robek, pertumbuhan pada kista, atau pendarahan yang terjadi pada kistanya sendiri. Penyakit kista ini biasanya ditemukan secara tidak sengaja, biasanya ditemukan pada saat si wanita memeriksakan masalah pada kandungannya. Pemeriksaan dengan cara USG adalah pemeriksaan dengan cara yang paling tepat, karena hasilnya yang sangat akurat. Selain dengan USG, kista juga bisa terdeteksi dengan pemeriksaan pemindaian seperi CAT atau MRI, namun dibandingkan dengan USG pemeriksaan jenis ini jauh lebih mahal.

Cara Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kista


Tidak semua jenis kista bisa di cegah ada yang bisa dan ada yang tidak. Contohnya adalah kista yang bersifat embrional adalah kista yang tidak dapat dicegah karena ada sejak lahir. Namun untuk kemunculan kista jenis lain umumnya bisa dicegah termasuk kista yang disebakan oleh keturunan. Untuk bisa mencegah kista kita hanya perlu makan-makanan yang sehat, hidup sehat dan teratur dan sering berolahraga.

Berikut adalah cara pencegahan atau pengobatan Kista

  • Makan banyak sayur dan buah
    Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada sayuran dan buah sangat baik dalam membantu dalam masa pengobatan. Fungsi yang lain adalah untuk menambah stamina serta mengurangi efek bahan kimia yang masuk kedalam tubuh.
  • Mengatur asupan daging
    Mengatur yang dimaksud disini bukanlah mengurangi konsumsi daging, namun merubah cara konsumsi daging, yaitu makan daging lebih sering dengan porsi yang lebih kecil, kemudian makanlah daging secara perlahan agar proses pencernaan daging bisa optimal. Apabila anda mengkonsumsi daging dengan cara sebaliknya akan berakibat menghambat proses pemulihan.
  • Makanan ber-GI rendah
    GI (glycemic Index) adalah takaran yang menentukan tinggi rendahnya glukosa yang terkandung didalam makanan. Orang yang mengidap penyakit kista sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah glukosa, contohnya adalah biji-bijian dan kacang-kacangan. Pastikan anda memiliki jenis makanan ini pada saat anda makan.
  • Minum Air Putih
    Minum air putih secara rutin sangat membantu dalam penyembuhan kista. sebisa mungkin anda menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol.
  • Istirahat atau tidur yang cukup
    Tdiur yang cukup akan membantu tubuh menjadi lebih rilex, membantu melancarkan aliran darah, dan membuat sistem saraf mejadi lebih rilex.

Pengobatan Kista dengan TDM (tissue Doubel Manjakani )


TDM adalah produk berkualitas dari ABE dan di rekomendasikan oleh Boyke Dian Nugraha untuk mengatasi berbagai masalah kewanitaan, termasuk keputihan dan  penyakit kista, dan tentu saja produk ini terdaftar di BPOM, bagi anda yang ingin mengetahui lebih detail tentang produk tsbt, silahkan klik gambar di bawah, buka web www.pasangan-bahagia.com atau hub saya di 085246009005 atau pin BB 74EA6FA3







Tidak ada komentar:

Posting Komentar