5 Fakta Kanker Testis

kanker testis
Kanker testis merupakan salah satu penyakit kanker yang bisa di idap oleh pria, kanker testis terjadi saat testikular menjadi abnormal baik pada salah satu atau kedua testis. Atlet terkenal Lance Amstrong juga pernah menderita kanker testis yang menjalar sampai ke paru-paru, perut dan otaknya. Tapi dia berhasil mengobati kanker testis tersebut dengan melakukan berbagai macam pengobatan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diketahui mengenai kanker testis


Apakah Kanker Testis?

Testis adalah tempat dimana sperma disimpan dan salah satu fungsinya menghasilkan hormon testosteron, hormon ini berfungsi mengontrol sistem reproduksi. Ada 2 jenis kanker testis, tipe seminomas dan nonseminomas. Perbedaan dari keduanya adalah pada pertumbuhan dan penyebaran kanker. Kanker testis nonseminomas relatif lebih cepat tumbuh dan tersebar, sedangkan pada seminomas sensitif pada radiasi.

Apa Penyebab Kanker Testis?

Sejauh ini, tidak ada penyebab pasti dari kanker testis. Tapi kondisi dimana testis tidak berada pada posisinya, cacat lahir pada ginjal atau penis, dan adanya riwayat kanker testis pada keluarga dapat dikatakan merupakan penyebab kanker testis.

Apa Saja Gejala Kanker Testis?

Ciri-ciri kanker testis untuk pertama kali dapat dikenali dengan munculnya benjolan atau bengkak pada testis, muncul rasa sakit pada area testis, adanya pembesaran pada testis, sakit di perut, punggung dan tempat kelamin berada, ditambah ada kumpulan cairan pada sekitar skrotum.

Apa Saja Pemeriksaan Kanker Testis?

Pemeriksaan biasanya dilakukan dengan ultrasound, tes darah, serta pemeriksaan riwayat kesehatan dan kondisi fisik pasien.

Apa Saja Terapi untuk Kanker Testis?

Biasanya dilakukan operasi radical inguinal orchiectomy yaitu kondisi dimana testis diangkat, terapi radiasi, dan juga kemoterapi. Efek samping dari pengobatan ini adalah ketidaksuburan dan masalah seksual. Namun setelah pengobatan biasanya harus dilakukan perawatan dan pemeriksaan lanjutan.

Mudah-mudahan informasi mengenai kanker testis di atas bermanfaat buat kita semua


1 komentar:

  1. terimakasih banyak untuk informasinya, sangat membantu

    http://acemaxsshop.com/obat-herbal-kanker-testis/

    BalasHapus